Penyebab Penyakit Jantung Anak

Penyebab penyakit jantung anak karena adanya gagal jantung yang merupakan suatu kondisi yang telah diketahui selama berabad-abad namun penelitian epidemiologi sulit dilakukan karena tidak adanya definisi tunggal kondisi ini. Ketika masih sedikit pemeriksaan jantung yang tersedia, definisi gagal jantung cenderung ke arah patofisiologi, lalu kemudian definisi ditempatkan pada penekanan pada gagal jantung sebagai suatu diagnosis klinis.

Penyakit gagal jantung ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun dapat terjadi pada usia anak-anak bahkan balita. Penyebab penyakit jantung anak yang disebabkan oleh faktor medis atau faktor bawaan dari lahir akibat dari cacat lahir dari kandungan atau faktor genetik gen orang tua yang beresiko pada penyakit gagal jantung bawaan.

penyakit jantung anak

penyakit jantung anak

Secara umum, penyebab gagal jantung pada anak dapat dibedakan menjadi :

1. Kegagalan sirkulai yang berlebihan (overcirculation failure).

Gagal jantung disebabkan oleh adanya volume darah berlebihan yang harus dipompakan oleh jantung sehingga beban kerja jantung bertambah. Penyebab volume berlebihan, antara lain :

a. Kelainan kongenital dengan shunt antara jantung kanan dan kiri. Kelainan kongenital  merupakan kelainan dalam pertumbuhan struktur bayi yang timbul sejak kehidupan hasiI konsepsi sel telur. Kelainan kongenital dapat merupakan sebab penting terjadinya abortus, lahir mati atau kematian segera setelah lahir.

b. Insufisinesi katup jantung kongenital atau didapat, mislanya pada penyakit jantung rematik.

c. AnemiaAnemia yang sering kita ketahui tentang penurunan jumlah sel dalam darah. Ketika anemia datang perlahan, kita akan merasakan lelah, lemas, sesak nafas, atau kemampuan yang kurang utnuk berolahraga.

2. Beban tekanan yang berlebihan

Terjadi apabila terdapat hambatan aliran keluar jantung, seperti pada stenosis aorta, stenosis pulmonal atau koarktasio aorta. Bila hambatan terjadi dalam waktu lama dan cukup berat, akan terjadi hipertrofi otot jantung yang dapat menyebabkan gagal jantung bila cadangan tenaga habis.

Penyebab penyakit jantung anak lainnya antara lain:

– Terjadi kegagalan pada jantung anak yang mengakibatkan anak tidak mampu menghisap susu dengan baik. Bayi terlihat capai dengan nafas yang memburu dan berkeringat pada saat bayi sedang menghisap ASI sehingga sering berhenti untuk beristirahat seberntar yang mengakibatkan bayi menjadi malas untuk menghisap.

– Episode serangan biru akut yang dapat berakibat fatal menjadi penyebab penyakit jantung anak. Anak tiba-tiba akan terlihat semakin biru, mudah gelisah, dan pernafasan yang cepat.Selanjutnya yang yang membuat anak menjadi lemas, kesadaran menurun, dan kadang disertai dengan kejang-kejang. Atau dapat juga kita lihat dari faktor lain seperti lama menangis, demam, dehidrasi, kelelahan ataupun kedinginan yang bisa menjadi penyebab penyakit jantung anak.

– Gagal tumbuh kembang yang diakibatkan dari asupan susu atau makanan yang tidak memadai membuat pertambahan berat badan si kecil menjadi lambat atau bahan tidak mengalami pertambahan sama sekali dan terlihat kurang gizi serta daya tahan yang rendah sehingga mudah terserang penyakit.

– Penderita penyakit jantung anak sering mengalami infeksi saluran pernafasan. Anak menjadi cepat lelah dan merasakan sesak nafas saat melakukan aktivitas fisik. Anak tidak sanggup berjalan jauh atau berlari, membuat anak menjadi malas untuk bermain menggerakkan badan dan tidak sanggup mengikuti olah raga di sekolah.

Beberapa asupan makanan yang baik untuk menurunkan resiko penyebab penyakit jantung anak antara lain:

1. Ajarkan selalu kepada anak anda untuk memakan buah jeruk. Buah jeruk mengandung banyak vitamin C dan serat serta kndungan flavanon yang terbukti dapat menurunkan tingkatan kolesterol jahat dalam darah anak anda.

2. Bari sayuran seperti bayam yang memiliki kandungan beta-karoten yang merupakanantioksidan yang kuat yang dapat membantu anak anda mencegah homosistein atau zat berbahaya dalam darah yang terkait dengan penyakit jantung.

3. Tidak ada salahnya memberi asupan omega-3 untuk mengurangi penyebab penyakit jantung anak. Yang baik diberikan untuk anak dengan memberikan ikan tuna pada setiap jadwal makan anak anda. Kandungan omega-3 yang terdapat dalam ikan tuna mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

4. Kacang kedelai mengandung serat dan omega-3 yang mampu mencegah platelet darah lengket dan beku. Apabila anak anda tidak suka dengan kacang kedelai yang diolah dengan biasa saja atau direbus, olah kedelai menjadi susu yang mengandung kalium, magnesium, dan kalsium yang sangat penting untuk mengatur tekanan daerah dalam tubuh dan mencegah timbulnya penyebab penyakit jantung anak.

5. Pisang mengandung banyak potassium yang sangat baik untuk dijadikan cemilan untuk anak-anak. Lebih baik lagi apabila anda menambahkan buah pisang pada menu sarapan yang biasa anak anda konsumsi. Dapat juga anda memberikan pisang kepada anak anda dengan mencampurkannya dalam yogurt beku sebagai bekal makan siang disekolahnya.

6. Ada baiknya anda memberikan cokelat hitam kepada buah hati bunda untuk mengirangi resiko penyebab penyakit jantung anak. Coklat hitam adalah jenis cokelat terbaik untuk kesehatan anak bunda. Dengan memakan sepetak cokelat hitam, si kecil akan mendapatkan tambahan 30 kalori. Jika si kecil terus melakukan ini selama 18 minggu, maka tekanan darahnya akan menurun perlahan meski berat badannya tidak berubah. Namun, jangan sampai overdosis memberikan coklat hitam ini pada anak ya Bunda!


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung Anak and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *