Penyakit Jantung Reumatik Pada Anak

Penyakit jantung reumatik pada anak adalah kondisi dimana terjadi kerusakan pada katup jantung yang bisa berupa penyempitan atau kebocoran terurama pada katup mitral. Penyakit jantung anak ini merupakan penyakit inflamasi akut yang secara klasik terjadi pada anak-anak (yang menginjak usia 5-15 tahun) dama waktu 5 minggu sesudah terjadi infeksi streptokokus group A (yang biasanya berupa faringitis) dengan puncak sekitar umur 8 tahun. Penyakit ini disebabkan oleh antibodi antistreptokokus di dalam tubuh hospes yang bereaksi silang dengan antigen jantung. Infeksi virus streptococcus β hemolitikus grup A ini pada tenggorok selalu mendahului terjadinya demam reumatik baik dari demam reumatik serangan pertama maupun demam reumatik serangan ulang.

penyakit jantung reumatik pada anak

penyakit jantung reumatik pada anak

Diagnosis ditegakkan berdasarkan riwayat klinis dan dua dari lima kriteria mayor (Jones) berikut ini (kriteria minornya meliputi demam, artralgia, dan leukositosis) :

– Eritema marginatum : Lesi makula pada kulit dengan tepi eritmatosa dan bagian tengah yang bersih, secara khas terdapat dengan distribusi mirip pakaian renang.

– Khorea Sydenham : Suatu kelainan neurologik dengan gerakan yang cepat involunter dan tanpa tujuan.

– Karditis : Pada 50-70% dari anak-anak dan 35% dari orang dewasa dapat mengenai miokardium, endokardium atau perikardium.

– Nodul subkutan

– Poliastritis migrans pada sendi besar : Pada 90% dari orang dewasa, lebih jarang ditemukan pada anak-anak.

Kematian (paling sering terjadi sekunder karena miokarditis) jarang ditemukan pada demam rematik yang akut. Secara khas, miokarditis dan artritis yang terjadi bersifat sepintas dan hilang sendiri tanpa komplikasi. Namun demikian, kelainan katup tersebut dapat mengakibatkan deformasi dan pembentukan parut pada katup sehingga terjadi disfungsi permanen (penyakit jantung reumatik yang kornik) dan selanjutnya gagal jantung kongestif. Penyakit jantung reumatik kronik paling mungkin terjadi jika serangan pertama terjadi pada masa kanak-kanak awal atua intesitasinya sangat berat atau ketika terjadi serangan rekuren.

Gejala-gejala kardiak yang umum muncul pada penyakit jantung reumatik pada anak antara lain:

–         Infeksi dan peradangan jantung yang paling serius dan kedua paling umum pada penderita penyakit jantung anak ini dari demam reumatik. Pada kasus ini penderita seing mengeluh sesak nafas, dada yang terasa tidak nyaman, nyeri pada dada, batuk ( sesak saat berbaring).

–         Pasien penderita penyakit jantung reumatik pada anak-anak biasanya harus dikontrol sesring mungkin karena progresifitas penyakitnya.

–         Pemeriksaan fikik pada penyakit jantung anak yang biasanya dideteksi dengan ditemukannya bising jantung atau gangguan bunyi pada jantung yang berdedak kurang lebih 100 kali per menit.

–         Gejala umum kardiak lainnya seperti gagal jantung kongestif yang dapat terjadi akibat katup yang berat dan perikarditis.

Gajala umum non kardiak yang muncul pada penyakit jantung teumatik pada anak seperti:

–         Khorea Sydenham yang hampir mengenai 15% dari penderita penyakit jantung anak yang mencerminkan keterlibatan syaraf sentral pada proses radang. Penderita penyakit jantung reumatik pada anak dengan khorea sydenham ini datang dengan gerakan-gerakan yang tidak terkoordinasi dan tidak bertujuan serta emosi yang labil. Manifestasi ini lebih nyata bila penderita bangun dan dalam keadaan stres atau banyak fikiran. Penderita bicaranya tertahan-tahan dan meledak-ledak. Koordinasi pada otot-otot halus sukar. Tulisan tangannya jelek dan ditandai oleh coretan ke atas yang tidak mantap dengan garis yang ragu-ragu. Pada saat puncak gejalanya tulisannya tidak dapat dibaca sama sekali.

–         Gejala penyakit jantung reumatik pada anak yang kedua ini adalah Erithema marginatum yang merupakan ruam yang khas untuk demam reumatik dan jarang ditemukan pada penyakit lain selain penyakit jantung anak. Karena kekhasan dari tanda ini dimasukkan dalam manifestasi minor. Kelainan ini berupa ruam tidak gatal, makuler dengan tepi erithema (kemerahan) yang menjalar dari bagian satu ke bagian lain mengelilingi kulit yang tampak normal, terjadi hanya pada 5% dari penderita penyakit jantung anak yang ada. Gangguan ini memiliki diameter 2,5 cm dan paling sering ditemukan pada batang tubuh dan tungkai bagian atas, tidak melibatkan muka. Erithema ini timbul sewaktu-waktu selama sakit, meskipun yang tersering adalah pada stadium awal, dan biasanya terjadi hanya pada penderita penyakin jantung reumatik pada anak dengan karditis.

–         Terakhir poliartritis atau yang lebih kita kenal dengan peradangan yang terjadi pada banyak sendi. Poliartritis adalah salah satu gejala umum dan merupakan manifestasi awal dari penyakit jantung reumatik pada anak (70 – 75 %). Umumnya radang sendi dimulai pada sendi-sendi besar di ekstremitas bawah (lutut dan engkel) lalu bermigrasi atau berpindah ke sendi-sendi besar lain seperti di ekstremitas atas atau bawah (siku dan pergelangan tangan). Sendi yang terkena peradangan akan terasa sakit, bengkak, terasa hangat, eritem dan pergerakan yang sangat terbatas. Gejala artritis mencapai puncaknya pada waktu 12 – 24 jam dan bertahan dalam waktu 2 – 6 hari. Dengan diberika aspirin maka gejala peradangan ini akan merespon dengan baik. Poliartritis lebih umum dijumpai pada remaja dan orang dewasa muda dibandingkan dengan penyakit jantung reumatik pada anak-anak.

Kita dapat mengurangi gejala atau resiko penyakit jantung anak dengan membantu anak melakukan terapi diet. Terapi diet ini bertujuan untuk memberi asupan makanan yang cukup namun tidak memberatkan kerja jantung dan untuk mencegah dan menghilangkan penimbunan garam atau air dalam tubuh. Syarat yang harus anda penuhi untuk melakukan terapi diet ini dengan:
– Memberi anak energi yang cukup untuk mencapai dan mempertahankan berat badan supaya tetap normal.
– Memberikan protein yang cukup yaitu sekitar 0,8 gram/kgBB serta lemak yang sedang yaitu sekitar 25-30%.
– Vitamin dan mineral yang cukup serta diet rendah garam 2-3gram saja perhari.
-. Cairan yang cukup sekitar 2 liter setiap harinyak bagus untuk penyakit jantung reumatik pada anak anda.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung Anak and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *