Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak

Penyakit jantung bawaan pada anak sering kita jumpai dan sejak demam rematik jantung jarang dijumpai, kelainan jantung kongenital ini merupakan penyebab utama penyakit jantung pada anak yang ia bawa sejak ia lahir. Penyakit jantung yang didapat masih dijumpai tetapi tidak banyak, sementara kelainan jantung kongenital terjadi pada sekitar 7-8 bayi per seribu kelahiran hidup.

Dengan demikian, penyakit jantung merupakan suatu kelompok kelainan kongenital serius yang paling sering terjadi. Kurang dari seperempat anak-anak yang mengalami kelainan jantung kongenital nii akan meninggal dalam tahun pertama kehidupan, sebagian besar meninggal dalam bulan pertama kehidupan. Penyakit jantung bawaan pada anak merupakan masalah yang cukup menonjol dalam bidang kesehatan anak.

Anak-anak ini mempunyai kelainan jantung berat yang sebagian besar kompleks dan tidak dapat dilakukan pembedahan. Namun, jumlah anak dengan kelainan berat yang saat ini bertahan hidup melampaui usia 1 tahun menunjukkan peningkatan berkat keterampilan dan kepandaian dokter bedah.

10-15% anak dengan penyakit jantung kongenital mempunyai lebih dari satu kelainan jantung. 10-15% mempunyai kelainan di luar jantung, yaitu paling sering melibatkan sistem skeletal, gastrointestinal dan urogenital.

Terdapat 9 kelainan jantung kongenital yang sering ditemukan yang jumlahnya mencakup 90% dari seluruh kasus yang ada. 10% sisanya terdiri dari sejumlah kelainan yang lebih kompleks dan jarang terjadi.

Gejala Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak-anak antara lain:

1. Penderita penyakit jantung anak akan merasakan cepat lelah saat mereka sedang syik bermain dengan nafas yang terengah-engah, serta berkeringat lebih banyak dibandingkan dengan anak lainnya.
2. Dengan pertumbuhan anak yang terhambat akibat penyakit jantung bawaan yang anak derita dapat mempengaruhi berat badan anak yang naik namun tidak memuaaskan bagi sang bunda.
3. Perkembangan badan anak yang menjadi lamban.
4. Penyakit jantung anak yang menderita PJB biru akan tampak kebiruan pada mulut, lidah dan ujung jari anak. Penderita penyakit jantung bawaan pada anak juga mengakibatkan anak sering jongkok pada saat bermain.
5. Serangan biru ini ditandai dengan nafas yang terengah-engah dan penderita penyakit jantung anak tempat lebih biru daripada biasanya. Apabila berat mengakibatkan anak pingsan bahkan dapat menimbulkan kematian.Pertumbuhan dan perkembangan anak pun terlambat.

Yang harus Bunda Lakukan untuk Buah Hati

Yang harus kita lakukan apabila menemukan gejala yang muncul pada anak kita seperti sesak nafas dan hambatan kenaian berat badan adalah segera melakukan pemeriksaan kedokter. Anda dapat memeriksakan penyakit jantung anak ke dokter umum atau ke dokter spesialis anak terlebih dahulu untuk meminta rujukan kepada dokter spesialis konsultan penyakit jantung bawaan pada anak. Untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan echocardiography dan mungkin diperlukan pemeriksaan lanjut yang bersifat invasif. Janganlah bunda terlalu lama menunda pemeriksaan untuk penyakit jantung anak yang diderita karena semakin cepat bunda tanggap semakin cepat pula penyakit jantung bawaan pada anak yang dapat bunda sembuhkan demi buah hati bunda.

Diagnosis Penyakit Jantung Anak

Pemeriksaan untuk diagnosis pada penyakit anak tidak dapat dipungkiri pasti memerlukan perlengkapan yang canggih di dunia medis, di antaranya:

– Pemeriksaan yang bunda lakukan dengan foto rontgen dada yang ada dirumah sakit,

– Pemeriksaan dengan rekam listrik jantung (elektrokardiografi=EKG) untuk melihat pergerakan detak jantung anak,

– Pemeriksaan dengan menggunakan alat USG jantung atau echocardiography. Echocardiography adalah alat pemeriksaan canggih yang digunakan untuk memeriksa penyakit jantung anak yang dapat mengetahui adanya kelainan struktur atau kecacatan yang terjadi pada jantung anak sekaligus menilai fungsinya sama sekali tidak menyakitkan dan tidak memerlukan persiapan secara khusus. Pada anak yang kecil dan selalu rewel, seringkali diperlukan pemberian obat tertentu agar dapat dilakukan dengan tenang, namun ini tidak selalu perlu dilakukan. Pada keadaan – keadaan dimana dengan pemeriksaan echocardiography saja masih belum mencukupi untuk mendiagnosis pasti, maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut yaitu kateterisasi jantung,

– Pemeriksaan CT scan dan angiography tiga dimensi dan sebagainya. Yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan yang kurang setelah dilakukannya pemeriksaan echocardiography untuk mengdiagnosis penyakit jantung bawaan pada anak. Pemeriksaan denga alat tersebut terdapat di RS rujukan yang cukup besar dan memberikan pelayanan jantung anak.

Pada masa kehamilan biasanya penyakit jantung bawaan pada anak tidak terdeteksi karena pemeriksaan anatomi jantung tidak rutin. Yang dilakukan oleh dokter hanyalah mengecek kandungan bunda dengan mendengarkan irama detak jantung janin apakah normal atau tidak. Dokter akan melakukan pemeriksaan jantung janin hanya apabila mendapati indikasi tertentu seperti terdapat gangguan irama jantung, Riwayat penyakit jantung bawaan pada bunda, atau riwayat penyakit jantung bawaan pada anak sebelumnya. Pemeriksaan dapat bunda lakukan di rumah sakit yang menyediakan fasilitas alat echocardiography  dan tenaga konsulen penyakit jantung anak.

Penyakit jantung anak dapat dicegah dengan cara kehamilan yang direncanakan dengan baik. Jantung adalah organ dalam tubuh anak yang paling penting yang sudah terbentuk pada usia kehamilan belum genap satu bulan yang mengakibatkan bunda jarang menyadari bahwa dirinya sedang mengalami kehamilan. Oleh sebab itu dengan menjaga kesehatan calon bunda sejak masa kanak-kanak, remaja, dan pernikahan bahkan sampai masa perencanaan kehamilan yang sehat sangatlah penting bagi kesehatan calon buah hati bunda.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Jantung Anak and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *